November 5, 2015

K O B E


Kobe Tower

13 Maret 2015

Selalu ada tempat paling dinantikan dalam setiap perjalanan dan itu adalah KOBEKobe merupakan kota pelabuhan yang cantik dan romantis (meskipun traveling sendiri tetap terasa romantis). Sharing sedikit, sebelum membuat itinerary saya merasa bimbang memilih kota mana, antara Kobe atau Nara, yang akan saya singgahi ketika saya menginap di Osaka. Dengan alasan sudah sering melihat Bambi (baca: Rusa) di Monas dan Kebun Raya Bogor, akhirnya saya men-skip Nara dan memilih Kobe.


Kota yang terkenal dengan dagingnya ini membuat saya semakin ingin menyinggahinya ketika saya tahu ada Kobe City Loop Bus 1 day pass ticket seharga 660Yen (tetep cari yang murah). Dengan 1 day pass ticket tersebut, saya bebas naik turun bus lucu dimaksud dan mengunjungi beberapa objek wisata terkenal yang ada di Kobe. Kobe City Loop Bus ini memang dirancang khusus untuk wisata karena bus ini hanya berhenti di halte-halte tertentu di daerah wisata. Kesan pertama melihat Kobe City Loop Bus ini saya merasa hidup di dunia kartun Jepang karena bentuk dan warnanya sangat menyenangkan mata. Info lengkap mengenai Kobe City Loop Bus dapat diperoleh disini yaa.

Kobe City Loop Bus
Berikut beberapa tips keliling dengan Kobe City Loop Bus:

1. Belilah 1 day pass ticket Kobe City Loop Bus langsung di dalam busnya dengan menyerahkan uang pas sebanyak 660Yen kepada mba-mba penjaga.

2. Sebelum memilih objek wisata apa saja yang akan disambangi, ada baiknya keliling seluruh halte dahulu mengikuti rute Kobe City Loop Bus. Estimasi waktu yang diperlukan untuk mengelilingi seluruh halte adalah 60 menit. Selanjutnya, di dalam Kobe City Loop Bus ada televisi yang menayangkan informasi untuk masing-masing objek wisata. Selain itu, menurut saya, hal menarik dari Kobe City Loop Bus adalah mba-mba penjaganya. Kok bisa? Karena si mba-mba penjaga tersebut akan memberitahukan objek wisata yang akan dilalui (dalam bahasa Jepang tentunya) dengan suara melengking seperti di kartun-kartun.

3. Setelah menentukan objek wisata yang dipilih, pada saat turun halte, fotolah jadwal Kobe City Loop Bus di halte tersebut untuk memastikan waktu kedatangan bus selanjutnya.


Halte Kobe City Loop Bus

Mba-mba penjaga Kobe City Loop Bus yang suaranya melengking

Kobe City Loop Bus Time Table, berbeda di setiap halte

Sebagai informasi, saya tidak menginap di Kobe karena harga penginapan di Kobe menurut saya sangat mahal. Jadi saya tetap menginap di Osaka, untuk kemudian PP Osaka - Kobe pada hari yang sama.

Ada beberapa alternatif transportasi dari Osaka - Kobe. Belum tentu yang termurah, tapi entah mengapa sepertinya saya sudah terobsesi dengan day pass ticket selama di Jepang. Diawali dengan membeli Hankyu 2 Days Pass Ticket di Hankyu Umeda Station, saya bisa keliling naik kereta api Hankyu Line di Osaka, Kobe, dan Kyoto selama 2 hari penuh. Informasi detail mengenai Hankyu Pass dapat dibaca disini yaa. 


Hankyu Pass
Inside Hankyu Line, kursinya hangat saat di musim dingin 

Dari Hankyu Umeda Station tujuan utama saya adalah Kobe-Sannomiya Station. Sesampainya di Kobe-Sannomiya Station, saya mencari halte Kobe City Loop Bus yang terletak tidak jauh dari stasiun kereta tersebut.

Outside Kobe-Sannomiya Station
Tempat apa saja yang saya kunjungi selama di Kobe, berikut diantaranya:

Kitano Area

Kitano Area merupakan daerah bekas expat dengan arsitektur khas bergaya Eropa. Berhubung cita-cita keliling Eropa belum terwujud, cukuplah mengagumi keindahan Eropa di salah satu sudut Kobe.




Starbucks Kitano
Halte Kobe City Loop Bus di Kitano Area

Chinatown Kobe

Hanya ada 2 (dua) Chinatown di Jepang, satu di Kobe dan satunya lagi di Yokohama. Chinatown Kobe konon katanya adalah yang terbesar di Jepang. Hal yang paling saya senangi di Chinatown Kobe adalah makanannya. Menurut saya, harga makanan di Chinatown Kobe lebih murah dibanding kota lainnya di Jepang.


Sekelompok pelajar sedang berdoa di depan patung di Chinatown Kobe









Mie seharga 300Yen ini rasanya enak banget


Selanjutnya, setelah dari Chinatown Kobe, saya berjalan ke arah pusat perbelanjaan Kobe Motomachi. Di sepanjang jalan yang saya lalui, saya melihat banyak taman-taman kecil dengan bunga warna-warni menawan hati.





Meriken Park

Merupakan sebuah taman yang ada di area Kobe Port. Taman di tepian laut ini terlihat begitu cantik dan romantis.


Burung aja kedinginan..




Ikuta Jinja Shrine


Sebetulnya saya tak sengaja menemukan kuil ini. Ketika sedang berjalan random dari Ikuta Road menuju ke statiun Kobe-Sannomiya, saya melihat ada sebuah kuil cantik dari kejauhan. Belakangan saya ketahui namanya adalah Ikuta Jinja Shrine













Selesai sudah rangkaian perjalanan saya di Kobe. Setelah ini saya akan ke Kyoto. Nantikan yaa..

25 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. hey heloo.. saya Yehezkiel, 20th Mahasiswa di Jakarta.. waw keren banget post-an nya semua, sangat konperhensif :D
    uda sekitar 1 bulanan saya ketemu blog nya, tapi baru sekarang saya sempet baca habis seluruh cerita tentang Jepang nya.. dan saya merasa "connected" banget sama semua ceritanya karna gaya jalan2 nya sama kayak saya juga (always hunting the lowest of lowest cost tapi bisa rasain semua nya).
    cerita di Kyoto dan Tokyo nya kapan menyusul nih hehehe.. uda ngebet banget ke Jepang, semua itinerary dan transportasi di sini kayak nya bakal saya jadiin rekomendasi utama saya.

    Dear penulis, bisakah saya dapet CP nya? biar bisa chat dan tanya2 langsung (terutama tentang transportasi di Tokyo) saya cuma mau nanya secukupnya kok.. pleasee, thank you :)
    yehezkiellie@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Yehezkiel... wahhh terima kasih yaa komennya sangat menyenangkan :D

      Okeee... nanti saya email yaa..

      Delete
    2. Hai Yehezkiel... wahhh terima kasih yaa komennya sangat menyenangkan :D

      Okeee... nanti saya email yaa..

      Delete
    3. Hai kak Penulis Cerita, saya minta CP nya juga dong... mau tanya2 juga ttg transporrtasi di jepang... email: anggra_baby@yahoo.co.id
      trims

      Delete
    4. Hi Mba Dita

      Udah saya email yaa

      Salam traveling

      Delete
    5. Sangat menarik sekali tulisannya.. saya rencana mau ke jepang saat sakura bermekaran.. boleh tanya2 tdk kak ? klo boleh sya minta CP nya ya kak.. email saya tjahyamulya@gmail.com makasih :D

      Delete
    6. sudah saya email ya mas @tjahyasno

      Delete
  3. hai Againnn :D hahaha.. been waiting quite long for you to reply.. go email me your cantact ;) (boleh line, whatsapp, bbm) hehehe. karena akhirnya saya sudah FIX berangkat, tiket baru aja dibeli.. really need your assistance tho

    respond me soon yaa.. thank you so much before :)
    email: yehezkiellie@gmail.com

    ReplyDelete
  4. Halo kk..inspiratif banget blognya..boleh minta cpnya ka..minggu depan ni aku ada rencana mau kejepang ..boleh minta cpnya ka? Mau nanya2 ..bingung karna pertama kali dan modal nekad juga hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ey halloo.. udah keburu berangkat ya? :D

      Wahhh maaf saya baru sempat buka blog, tapi klo masih mau tanya2 juga boleh. Drop aja email kamu disini, nanti saya email :)

      Delete
  5. Hai..saya Ibu Chendra..boleh donk bantu saya ada plan backpacker an juga 2017. Mumpung masih ada waktu.Serasa byk yg ingin saya ketahui.Email saya chendrar@yahoo.com Thanks yaaa

    ReplyDelete
  6. hello kaka..saya ita..seneng deh baca blognya..ka bisa bantu infoin gmn tranportasi d jepang..aku agak bingung, rencananya april 2017 aku mau solo backpacker..bisa minta contact( wa atau bbm )makasih kaka..
    email aku : itha.te31@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Itha

      Udah ku email yaa contact ku

      Salam traveling

      Delete
  7. halo kak, seneng banget nemu blog kakak, informatif dan ga bertele-tele. hehe sudah sempet download pdf itinerary nya juga, super detail !!
    rencananya 2017 saya trip ke osaka sama keluarga dan saya yg bertugas bikin itin nya kak. pusiaanggg dan bingung terutama mikir transportnya.
    bisa minta WA kakak ngga? ini email ku: aayusahertyan@gmail.com
    thanks in advance ya!! ;)

    ReplyDelete
  8. Mau juga kaka... makasih bnyaknloh infonyaaa
    Mau tanya2 jg dong boleh yaaa.. hehe

    Ym.ramadhita@gmail.com

    ReplyDelete
  9. Salam kak, saya akan mengikuti itinerary kakak nih maret nanti, hehe. Sejauh ini blog-walking untuk itin ke osaka-kobe-kyoto, itin kakak yang paling sesuai utk backpacker perempuan seperti saya. Bolehkan saya minta kontak utk menanyakan beberapa hal tentang itin kakak? bisa email saya di yohanachristina06@gmail.com kak. Terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mba Yohana

      Wiiii mantap.. happy traveling.. monggo klo itin nya sesuai silahkan dipakai, mau di modif juga gpp.. feel free aja..

      sudah saya email yaa

      Salam traveling

      Delete
  10. Halo kak, salam kenal. sy dini. Sy berencana ke tokyo awal oktober 2017 bareng rombongan keluarga. Sy bertugas nyusun itinerary dan info2 lain gitu,p yg lain terima jadi.
    Boleh minta masukannya mba untuk itinerary selama 6D5N karena sy jg masih bingung dgn transport yg murmer yg bs saya gunakan. Untuk penginapan sy dan keluarga insya Allah sudah disediakan oleh kenalan sy di saitama. Sy ingin bs ke osaka juga kobe juga dan kota lain apakah mungkin bs mnggunakan bus malam untk lebih hemat atau bgmna baiknya? Baiknya berapa haei setiap singgah di kota tertentu? Trimakasih.
    Ini email saya hyukaydaa@gmail.com
    Trimakasih kak..

    ReplyDelete
  11. hallo mba ! salam kenal ya
    saya ada rencana mau ke Jepang dan butuh beberapa informasi yang perlu saya tanyakan
    jika mbak berkenan untuk di tanya" lebih lanjut hubungi email saya ya mbak anggraenyverina@gmail.com
    terima kasih sebelumnya mbak :)

    ReplyDelete
  12. Hai mba.. Salam kenal ya mba..
    Blog mba, bener2x deh bikin semangat orang backpackeran ke Jepang.
    Boleh minta contact emailnya kah mba? Ada beberapa hal yg sy mau tanyakan terkait tips2x murah kesana.

    Email saya: jane270592@gmail.com. Makasih banyak ya mba..

    ReplyDelete