September 7, 2015

Backpacker ke Osaka




12 Maret 2015

Saya sama sekali tidak menyesal memasukkan Osaka ke dalam rencana perjalanan saya. Berbekal one day pass subway ticket dari Yokoso, begitu banyak tempat wisata yang bisa saya kunjungi dalam sehari di Osaka. Mulai dari Osaka Castle, Tenjinbashisuji Market, Osaka Aquarium, Tempozan Ferris Wheel, Tsutenkaku Tower, Namba-Dotombori area, hingga nonton turnamen Sumo dari luar stadion. Penasaran seperti apa kisah perjalanan saya di Osaka? Yukk mari simak kisahnya..


Setelah melalui hampir 7 jam perjalanan udara dari Kuala Lumpur Malaysia, tibalah saya dengan noraknya di Kansai International Airport (KIX) Osaka, Jepang. Kok norak? Iyalah norak karena saya tidak bisa berhenti senyum-senyum sendiri sambil bergumam dalam hati "ya Tuhan, mimpinya siapa ini yang dibeli sejauh ini?" Saya sendiri masih tidak percaya bahwa saya berhasil "membeli" salah satu mimpi saya, Jepang.

Hal pertama yang saya cari setelah keluar dari pesawat adalah mencari toilet. Untung saya tidak norak memakai toilet Jepang karena saya sudah belajar dulu di Youtube #NiatMak. Setelah berbangga hati tidak norak pakai toilet Jepang, muncullah hal norak lainnya. Apakah itu? KESETRUM (di bold biar dramatis). Jadi segala sesuatu berbahan besi yang saya pegang itu nyetrum. Sebelum berangkat saya tidak tahu info dimana pada musim dingin itu segala benda berbahan besi yang dipegang manusia secara langsung bisa nyetrum #BukanAnakIPA #KatanyaSihGitu.

Selesai noraknya, lanjutlah mencari loket Yokoso. Untungnya, petunjuk arah yang ada di KIX sangat jelas, sehingga memudahkan pembaca dalam mencari suatu tempat. Jadi ceritanya nih sebelum berangkat saya sudah membeli secara online paket tiket kereta dari Yokoso seharga 1500Yen yang infonya dapat dibaca disini. Paket tiket kereta tersebut terdiri dari one way tiket KIX - Namba (jika dibeli secara satuan itu harganya sekitar 920Yen) dan one day pass subway tiket Osaka. Saya tidak yakin jika paket tiket kereta dari Yokoso adalah yang termurah, namun itu adalah yang paling efektif dan efisien yang dapat saya gunakan saat itu.

Yokoso! Osaka Ticket


Kebetulan lagi, tempat saya menginap di Shin Imamiya Hotel itu masih di jalur yang sama dengan jalur kereta yang paketnya saya beli dari Yokoso, sehingga saya tidak perlu mengeluarkan ongkos ekstra untuk mencapainya. Cerita mengenai Shin Imamiya Hotel akan saya uraikan di post terpisah ya.

Nah, berbekal one day pass subway ticket dari Yokoso, mulailah saya ngalor ngidul menjelajah Osaka sepuasnya. Objek wisata yang saya jelajahi sudah tentu yang ada di sepanjang jalur subway Osaka. Catatan ya, saya cuma numpang foto saja didepan objek wisata tersebut dan tidak masuk kedalamnya karena keterbatasan budget #NamanyaJugaBackpacker. Objek wisata apa saja yang saya datangi? Berikut diantaranya..

Osaka Castle



Baby it's "not that" cold outside
Burung aja kedinginan, salut sama mba-mba diatas yang pakai stocking di suhu 6 degree
Di komplek Osaka Castle, ada taman bunga yang bisa dikunjungi secara gratis. Beruntungnya saya datang saat Japanese Plum (Ume) mulai bermekaran. Ume bloom itu konon katanya mekar lebih dulu daripada Cherry Blossom. Ume bloom itu mekar sekitar bulan Maret, sementara Cherry Blossom itu mekar sekitar pertengahan April.



Red Ume
Pink Ume
White Ume
My first Cherry Blossom

Tenjinbashisuji Market

Selesai dari Osaka Castle, perjalanan saya lanjutkan ke Tenjinbashisuji Market. Pasar tersebut merupakan pasar rooftop terpanjang yang ada di Jepang dengan panjang sekitar 2,6KM. Saat itu karena saya memiliki banyak waktu luang, maka saya jelajahi pasar tersebut dari ujung ke ujung, dan sebagai hadiahnya secara tidak sengaja saya menjumpai Osaka Tenmangu Shrine.







Osaka Tenmangu Shrine
Baca Ema (wooden wishing) diatas kemudian galau :D


Tempozan Ferris Wheel


Osaka Aquarium


Street performer di depan Osaka Aquarium
Namba - Dotombori Area

Belum sampai Osaka kalau belum lihat billboard Glico Man
Sekelompok pelajar China membuat human pyramid di depan Glico Man 












Di dalam rooftop itu manusia semua loh #RameBeud
Tsutenkaku Tower

Sumo Turnamen

Lagi-lagi saya merasa beruntung, meskipun saya tidak suko sumo (maupun jenis olahraga lainnya), tapi kunjungan saya saat itu tepat dengan turnamen sumo yang rutin diadakan 6 kali dalam setahun di Jepang. Turnamen sumo kedua yang jatuh di bulan Maret saat itu diadakan di Osaka Prefecturan Gymnasium. Rupanya harga tiket nonton langsung turnamen sumo itu mahal sekali, jadi cukuplah lihat-lihat dari luar stadionnya saja.. hehehee..

Daftar harga tiket nonton langsung turnamen sumo
Sesuai dengan budaya Jepang, dalam kehidupan sehari-hari sumo atlet diwajibkan memakai kimono dan top knot hair style (cepol atas) meskipun saat berada di ruang publik.
Osaka Prefecturan Gymnasium
Demikianlah kisah ngalor ngidul saya di beberapa tempat di Osaka. Oh iya, kesan pertama saya terhadap orang Jepang: helpful. Sejak pertama kali menginjakkan kaki di Osaka, seketika saya terlihat agak bingung mencari suatu tempat dan belum sempat bertanya kepada siapapun, pasti ada orang Jepang yang nyamperin dan nanya saya mau kemana. Tuhan bersama perempuan kece yang backpacker sendirian ke Jepang :D

Kemana lagi saya setelah ini? Penasaran? Tunggu ya post selanjutnya..

42 comments:

  1. wew jadi iri :( mereka kesana ngerti bahasa inggris kah ? soal nya saya tidak bisa bahasa jepang :v

    ReplyDelete
  2. Hi Mas Irfan,

    Terima kasih sudah berkunjung. Banyak orang Jepang yang ngerti bahasa Inggris kok, pun mereka ga ngerti Inggris, mereka pasti nolong kalau kita bertanya.

    Salam traveler

    ReplyDelete
  3. Salam kenal.
    beli yokoso tiket bisa langsung disana gak ya/
    thank you

    ReplyDelete
  4. Hi Hestuaz,

    Seinget saya bisa beli tiket yokoso langsung di Nankai Kansai Airport Ticket Office.. untuk ifo lebih lanjut bisa cek disini yaa http://www.howto-osaka.com/en/top.html

    Thanks

    ReplyDelete
  5. mbak lemme know.. jepang amankah buat travelling sendiria? thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. yak.. Jepang aman banget buat traveling sendirian..

      Delete
  6. mbaak, karna blog ini lah saya dan 1 orang teman saya seperti kesetanan ikutan promo air as*a hahaha, nice blog mbaak, helpfull banget, go japan go :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuhuuuuu seneng dengernya... semangat ya mba... semoga bisa ke mengunjungi negeri nobita secepatnya..

      Delete
    2. ntar perginya awal mei 2016 mba :D , btw sy lg susun itenerary, explore osaka cukup 1 hari aja ga ya mba? thankyouuuuuu

      Delete
    3. Menurut saya sih cukup banget eksplor Osaka dalam waktu sehari..

      Delete
  7. hello sis... inspiratif bgt nih ittenary nya
    ticket AA PP nya beneran tuh bisa cuma 2,6 jt an ???
    dapet yang baru promo ya ???
    btw mau nanya sis kalo kira2 cuma ada waktu 5 harian di jepang enaknya kemana aja ya ?? rencana emang mau niru sis itenary nya JAk-OSAKA TOKYO- JAK

    salam backpacker

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo... iya betul tiket AA PP 2,65jt waktu itu beli pas ada promo di tahun 2014 buat keberangkatan tahun 2015 (masa tunggunya hampir setahun).
      Kalau cuman ada waktu 5 hari, menurut ku sih mending explore Kyoto (2 hari) dan Tokyo (3 hari) aja.

      Semangat backpacker yaa

      Delete
  8. sis mau tanya, cara menggunakan kartu yokosonya tinggal tape-in tape-out di pintu gate keretanya ya? atau gimana ya cara menggunakan kartunya?

    kalo mau naik kereta kansai ke nambanya tinggal
    tunjukin tiketnya aja ke petugasnya atau harus dimasukan ke mesin gitu ya sis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Onjie.. maaf baru membalas... Kalau saya tidak salah ingat, tergantung jenis tiketnya yaa, kalau yang tiket kertas itu biasanya dimasukkin ke gatenya, kalau yang bentuknya seperti kartu atm biasanya hanya di tape aja

      Delete
  9. halo kak aku masih ragu nih dilanjutin apa ngga solo backpackernya ke jepang, nah aku kan udah punya e-passport. aku maunya di perjalanan pertamaku dipake buat ke jepang. apa aku harus ngajuin ke duta jepang untuk indo dulu ato langsung aja ke bandara (ticket booked xD)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo dek Kenney, kok ragu? banyak loh orang diluar sana yang ingin pergi ke Jepang tapi ga punya tiket apalagi epassport. You are one step ahead, so just make it happen heheheee...

      Jika sudah punya epassport tetap harus datang ke kedutaan Jepang ya untuk mendapat visa waiver. Nanti kalau langsung pergi ke Jepang, disuruh pulang lagi sama bapak imigrasinya :D

      Info terkait visa waiver bisa dicari disini yaa http://www.id.emb-japan.go.jp/home.html

      salam traveling

      Delete
  10. Hallo, mau tanya dong, untuk shin imamiya hotel letaknya apakah persis di depan stasiun shin imamiya? boleh tau detailnya? karena saya dan teman sampai malam hari. takut salah jalan

    thank you!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Ichaa, hotel shin imamiya itu letaknya disebelah stasiun shin imamiya ya. Nggak persis disebelahnya sih, begitu keluar stasiun, belok kiri ada hotel apa gitu, nah disebelah hotel itulah letak hotel shin imamiya. Jika masih ragu, kalau sudah sampai stasiun shin imamiya, tanya orang aja yaa sambil nunjukin alamatnya heheheee...

      Happy traveling

      Delete
  11. Hallo, aku tertarik nih mau backpacker ke jepang juga, dan udah ada rencana mau ke osaka juga, maaf mau nanya bisa ga kalo kita beli tiket kereta dari bandara kansai ke namba secara 1 an (beli ditempat langsung), dan kita membeli tiket one day pass secara online tapi untuk hari berikutnya setelah kita mendarat di osaka.

    Terimakasih ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo... saya waktu itu beli paket tiket kereta untuk di Osaka secara online sebelum berangkat jadi saya kurang tau teknis jika beli di lapangan heheheee, maaf yaa :D

      Terkait pertanyaan bisa nggak beli tiket satuan langsung (one way) dari Kansai ke Namba? Menurut website ini bisa http://www.howto-osaka.com/en/railway/kix/fromkix/ticket.html#kix nanti coba dibaca2 lagi yaa..

      Nah, terkait dengan pembelian Osaka subway one day pass ticket untuk hari berikutnya, menurut website ini http://www.osaka-info.jp/en/plan/practical_information/travel_passes/osaka_visitors_ticket.html nggak bisa dibeli di Jepang dan cuma tersedia dalam paket Yokoso, namun ada tiket sejenis nih dengan harga agak mahal sedikit yang infonya bisa dibaca disini http://www.osaka-info.jp/en/plan/practical_information/travel_passes/one-day_ticket_enjoy_eco_card.html

      Semoga membantu yaa..

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Terimakasih sudah ngasih info, sangat membantu infonya dan saya juga spertinya salah juga dalam memberikan pertanyaan hehehehe, Maksudnya apabisa saya beli tiket yokoso dijakarta dengan cara online tapi digunakannya dihari berikutnya setelah saya mendarat di osaka?
      maaf sekali lagi hehehe :D

      Delete
  12. Halo dare devil, menurut keterangan di website ini http://www.howto-osaka.com.e.iv.hp.transer.com/top/ticket/railway/yokoso.html,

    tiket kereta dari Kansai ke Namba hanya berlaku di hari tiket tersebut diissued sedangkan Osaka one day pass ticket berlaku di hari itu juga atau di keesokan harinya

    keterangannya seperti ini: [One-way train ticket] The date of issue [Osaka city subway, new tram and bus 1 day unlimited pass → the date of issue or the next day]

    Salam traveling

    ReplyDelete
  13. Salah satu impian ini kak :) blog nya inspiratif banget. Kalo mau tanya2 seputar travelling ke jepang boleh ya kak? ^^

    Salam traveling

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Arlia Rizky, very welcome. Boleh kok klo mau tanya2, paling late reply ya karena disambi kerja :)

      Salam traveling

      Delete
    2. Hi Arlia Rizky, very welcome. Boleh kok klo mau tanya2, paling late reply ya karena disambi kerja :)

      Salam traveling

      Delete
  14. Inspiratif sekali saya langsung punya niat mau ke Jepang juga setelah membaca cerita perjalanan mbak & rencana mau nyontek itinerary mbak. Boleh ya? hehe

    saya mau nanya mbak, mbak ngunjungin kastil Osaka dll itu langsung dari bandara atau ke hotel dulu check in kemudian ke tempat tersebut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba Mita..

      Boleh banget mba Mita, semoga bermanfaat ya itinnya..

      Waktu itu dari bandara, saya ke hotel dulu untuk check in dan titip tas baru kemudian jalan-jalan mengunjungi objek wisata yang ada di Osaka.

      Info tambahan lagi, kebanyakan objek wisata di Osaka itu jaraknya lumayan dari stasiun kereta. Jadi bakalan capek klo jalan jauh dan membawa sesuatu yang berat pula

      Salam traveler

      Delete
  15. Seriuss backpack sendiriian? Warbyazaa.. Btw postingan jepangnya membantu sekalii, lagi cari2 referensi utk trip awal tahun depan, thank you yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba Miranti

      Iya saya backpacker sendirian ke Jepang

      Seim2 mba, semoga membantu yaa

      Salam traveling

      Delete
  16. Hi, sukaaa sama cerita perjalanan jepangnya. Boleh tau awal feb itu suhunya berkisar antara brp yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo..

      Klo awal feb saya kurang tau, mungkin bisa cek di forecast weather online ya.. waktu saya kesana bulan maret itu suhu di Osaka dan Kyoto sekitar 5-6 derajat siang hari dan 0-2 derajat malam hari.

      Klo di Tokyo suhunya nggak serendah di Osaka dan Kyoto

      Salam traveling

      Delete
  17. Kak, keren sekali pengalamannya. Saya berniat jalan ke osaka maret nanti kak, pagi sampai di KIX dan malamnya harus ke kobe karena menginap di kobe dan ada acara di sana besok paginya, hehe. Pertanyaan saya apakah kereta ke kobe beroperasi sampai malam kah kak? Lalu, untuk ke tempat-tempat yang kakak kunjungi di Osaka apakah cukup berdekatan sehingga bisa seharian aja? Terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mba Yohana

      Saya coba jawab satu-satu yaa

      - Kereta ke Kobe beroperasi sampai malam kah? Karena saya waktu itu perginya pagi hari jadi saya kurang tau jelasnya. Tapi berdasarkan info dari Hyperdia sih kereta Hanshin paling malam ke Kobe itu jam 00:28 AM dan paling pagi itu jam 05.00 AM.
      - Untuk objek wisata yang saya kunjungi selama di Osaka sebetulnya nggak berdekatan tapi bisa kok dikunjungi dalam waktu sehari. Kebetulan lagi stasiun kereta utk masing-masing objek wisata yang saya kunjungi itu tercover dalam Day Pass yang saya beli.

      Semoga membantu yaa

      Salam traveling

      Delete
  18. Halo mba mau tanya 😁 area luar osaka castle free ya? Apa dari situ kalau foto pake background castlenya bisa kelihatan ya?

    ReplyDelete
  19. Hai mba mau tanya.. area luar osaka castle free ya? Kalau mau foto pakai background castlenya apa bisa kelihatan?

    ReplyDelete
  20. Halo mba.

    Saya ada rencana ke jepang oktober ini. Dan saya ada rencana juga dari osaka mampir ke Hiroshima, lalu mampir lagi ke osaka dan lanjut ke nagoya hingga ke kanazawa. Yang ingin saya tanyain. Apakah dengan rute seperti itu JR Pass solusi yg paling baik? Dan apa jr pass juga menaungi banyak transportasi di osaka?

    Thanks mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mas Aditya,

      Sejujurnya saya kurang paham klo ditanya tetang JR Pass, karena saya tidak beli itu selama di Jepang dan tidak banyak cari tau juga.

      Tapi saya coba bantu jawab ya, untuk rute mondar-mandir dari satu kota ke kota lain, menurut saya JR Pass cukup efektif ketimbang beli satuan. Klo mau lebih yakin beli JR Pass atau nggak, coba hitung biaya tiket satuan dari satu kota ke kota lain lalu bandingkan dengan biaya JR Pass, klo break even sih beli aja menurut saya.

      Untuk JR Pass apakah menaungi banyak transportasi di Osaka mungkin bisa dicari info nya di website JR yaa

      Semoga membantu

      Salam traveling

      Delete
  21. Hi kak.. pas bgt ketemu yg bahas yokoso.. jadi mau tanya, di tiket nankai exp train dari yokoso, apa harus dari kix to namba? Boleh stop misalnya di tengachaya?
    Trus apakah tiket unlimited nya benar bisa dipakai besok nya? Atau hanya di hari yg sama dgn nankai exp train dipakai?... thanks..

    ReplyDelete
  22. Kak, Yokoso itu beli online langsung bayar atau cuma pesen aja bayarnya nanti di jepang?

    ReplyDelete
  23. mbas sy mau ty ... beberapa spot obyek tujuan di Osaka spt ke tenjibashisuji market, namba dotombori dll itu bisa di lalui dengan kereta / jalan kaki kah ? tx in adv

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba Stefanie

      Melalui kereta mba, karena jalan kaki itu jauh sekali menurut saya.

      Dan, karena tiket kereta yang saya beli waktu itu adalah semacam one day pass jadi tidak ada batasan mau berapa kali naik subway asal masih di hari yang sama.

      Semoga membantu ya mba

      Salam traveling

      Delete